‘Smartphone’ matikan SMS

Leave a comment

Jun 26, 2012 @ 1:44 by tanya gooogle

Layanan sederhana SMS memang sempat menjadi fenomena di dunia. Namun, layanan pesan pendek ini sudah mulai terancam dengan keberadaan ponsel pintar atau smartphone.

Layanan SMS ini mulai terancam keberadaan layanan gratis yang disediakan ponsel pintar. Di sisi lain, para analis berpendapat, hal ini membuat operator harus mencari aliran pendapatan alternatif.

Layanan SMS sendiri memulai debutnya sebagai pengisi sisa kapasitas telekomunikasi namun kemudian berubah menjadi penghasil uang bagi operator yang ada. SMS sendiri menawarkan pengguna cara murah terhubung teman, keluarga dan menghindari mahalnya tarif layanan suara.

Para analis mengaku, seperti dikutip StraitsTimes,maraknya keberadaan smartphone yang memiliki kemampuan untuk internet beberapa tahun terakhir ini, berhasil membuka jalan untuk layanan suara, video dan pesan singkat gratis melalui aplikasi tertentu.

Hal tersebut menjadi ancaman bagi SMS. Menurut hasil riset firma teknologi Ovum, kontribusi SMS pada pendapatan operator sempat mencapai 57% di dunia pada 2009. Namun kini, kontribusi itu terancam menurun dan diproyeksikan hanya mencapai 47% pada tahun ini.

 

 

Sumber: http://bit.ly/MUYsx2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: