Ingin Langsing Lebih Cepat? Coba Cara Ini

Leave a comment

Jun 25, 2012 @ 2:41 by tanya gooogle

Kalau dulu yoga identik dengan ritual dan meditasi, kini tidak lagi. Yoga telah menjadi salah satu olahraga alternatif untuk melatih fisik. Tujuan yoga tidak semata menenangkan diri, tetapi juga mencapai beberapa tujuan seperti memperbaiki postur tubuh dan melangsingkan badan.

“Ya, sekarang yoga menjadi salah satu olahraga, karena yoga banyak sekali jenisnya. Yang sekarang populer, adalahyoga for fitness,” kata Diana Embran, Group Fitness Country Manager Indonesia.

Manfaat yoga, kata Diana, memang sangat banyak. Dari dalam, yoga bermanfaat untuk menenangkan dan mengontrol.

Secara fisik, juga berguna untuk fleksibilitas tubuh, menguatkan badan dan otot. “Terutama struktur tulang punggung, pokoknya semua yang berhubungan dengan kerja tubuh, bisa ditunjang oleh yoga,” ucapnya.

Yang terpenting dari yoga, adalah melatih core muscle. Menurutnya, itu bagian tubuh terpenting yang dibentuk yoga, karena mendukung tulang punggung. Core muscle juga sangat berperan penting dalam melangsingkan tubuh.

“Yoga bisa juga untuk pelangsingan, karena core muscle dirangsang untuk bekerja melangsingkan dari dalam, sehingga prosesnya lebih cepat. Dalam yoga, otot-otot ditarik, sehingga lebih ramping dan bagus. Terutama untuk yang setelah melahirkan, otot-ototnya dilatih dan dikembalikan perlahan, tidak secara drastis,” ujarnya.

Diana melanjutkan, apabila setelah melahirkan langsung fitness untuk melangsingkan tubuh, latihannya perlu penyesuaian. Tidak bisa dilakukan secara drastis, karena ada hormon yang berbeda.

Itu berbeda dengan yoga, yang melakukan latihan otot secara perlahan. “Dan itu lebih cepat, kalau tanpa yoga waktu langsingnya mungkin bisa lebih lama,” ujarnya.

Apabila rutin melakukan yoga, manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu dua sampai empat minggu. “Tergantung orangnya, tapi kalau rutin, 2-4 minggu akan terasa enak di badan. Dan kalau orang yang mendalami yoga, meskipun tujuan yoganya sudah tercapai, akan terus merasa butuh yoga, karena sudah merasa enak di badan,” katanya.

Untuk pemula, Diana menyarankan, tidak melakukan yoga dengan panduan CD. Lebih baik ikut kelas dengan instruktur, agar ada yang mengontrol dan membenarkan gerakan. Durasinya, bisa sekitar satu sampai dua jam.

“Satu jam pertama, tubuh mulai menyesuaikan. Jadi sebaiknya jangan hanya satu jam, tapi lebih. Satu jam baik, tapi lebih baik lagi jika dilakukan sekitar dua jam,” ujar Diana. “Jangan cuma sekali seminggu, benefitnya kurang terasa. Normalnya tiga kali lah.”

 

 

Sumber: http://bit.ly/Oc0RcE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: