Awas, Menguping Gosip Bikin “Tuli”

Leave a comment

Jun 21, 2012 @ 2:02 by tanya gooogle

Bagi sebagian besar wanita, mendengarkan gosip merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Tanpa sadar, saat mendengar informasi panas, seluruh perhatian tercurah pada pembicaraan.

Sebuah studi menemukan, orang yang sedang serius mendengar gosip tak mampu mendengar percakapan lain di sekitarnya. Lebih dari dua pertiga yang menguping gosip bahkan tidak menyadari kata yang diucapkan orang lain walaupun diulangi.

Para peneliti mengatakan, hal ini menjelaskan bagaimana percakapan intens bisa membuat kita “tuli” terhadap sekeliling.

Sebuah studi pada 1999 juga menemukan, orang yang tengah serius menonton pertandingan basket gagal melihat seorang pria dengan setelan gorila berjalan melewati dan memukul dadanya. Ini membuktikan, konsentrasi pada satu hal akan membuat kita ‘buta’ pada kejadian di depan mata.

Studi dari Royal Holloway, Universitas London ini menunjukkan, sama seperti indra penglihatan, hal yang sama juga terjadi pada pendengaran.

Pemimpin penelitian yang dimuat dalam Jurnal Kognitif, psikolog Dr Polly Dalton, mengatakan, “Penelitian ini menunjukkan bahwa kita dapat melewatkan suara bahkan yang sangat mengejutkan atau khas saat memperhatikan hal lain,” ungkapnya seperti dikutip Daily Mail.

Hal tersebut, katanya berimplikasi pada dunia nyata. “Misalnya, saat berbicara di ponsel, orang akan cenderung mengurangi kesadaran dari suara-suara di sekeliling.”

 

 

Sumber: bit.ly/NhCEAd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: