10 Cara Mengatasi Cemburu Buta

1

Jun 20, 2012 @ 4:54 by tanya gooogle

Cemburu. Semua orang pasti pernah mengalami perasaan yang kerap dikarenakan rasa cinta dan keinginan memiliki. Mungkin Anda pernah merasa cemburu ketika pasangan memiliki hubungan sosial yang hangat, sementara Anda ingin memiliki pasangan sepenuhnya.

Jangan biarkan kecemburuan menguasai dan merusak hubungan Anda. Berikut beberapa tips mengatasi rasa cemburu dalam hubungan romantis, seperti dikutip dari The Stir.

1. Tentukan alasan mengapa Anda cemburu.

Apakah didasarkan pada masa lalu? Apakah pasangan berbohong? Setelah Anda memiliki alasan, Anda bisa mencari solusi.

2. Identifikasi apakah Anda merasa tak aman.

Apakah kecemburuan ini berdasarkan hubungan yang Anda jalani sebelumnya? Apakah pasangan benar-benar melakukan hal yang salah? Atau Anda hanya memiliki percaya diri yang rendah?

3. Beritahu pasangan Anda tentang kecemburuan Anda.

Caranya katakan dengan sebuah pernyataan, “Saya merasa…”. Mengungkap perasaan takkan memicu pertengkaran, sebaliknya membuka komunikasi tanpa saling menuduh. Anda bisa mengatakan hal sederhana seperti, “Saya merasa cemburu saat kamu menghabiskan waktu terlalu sering dengan teman-temanmu.”

4.Bila cemburu terkait dengan masa lalu, ingat Anda hidup di masa kini.

Selalu ingatkan diri bahwa Anda atau pasangan tak lagi hidup dalam hubungan sebelumnya. Sebagai pasangan baru, kalian harus memberi kesempatan pada masing-masing pihak.

5. Biarkan diri Anda merasakan cemburu

Jangan mengingkari bahwa Anda sedang merasa cemburu, atau berusaha mengakhiri rasa cemburu. Menghadapi rasa cemburu dengan kepala dingin membuat Anda lebih mudah mengatasinya.

6. Ingatkan diri bahwa Anda layak dicintai dan cintailah diri sendiri.

Fokus pada hal-hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Ini akan menarik mitra yang tepat dan Anda bisa sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan.

7. Tulis rasa cemburu

Tidak masalah meskipun Anda menganggapnya sebuah tindakan konyol. Menulis, terutama sesuatu yang negatif membantu mengatur pikiran Anda.

8. Yakinkan diri Anda soal rasa cemburu

Sebelum menanyakan pada pasangan, tanyakan pada diri sendiri: Apakah orang atau hal ini layak untuk menghabiskan energi? Apakah orang atau situasi ini berdampak padaku? Mengapa saya merasa terancam?

9. Saat cemburu menguasai, ubah kebiasaan.

Ketimbang bergelut dengan rasa cemburu, lakukan sesuatu seperti berjalan-jalan, pekerjaan atau aktivitas lain yang bisa mengubah pola pikir. Dengan begitu, Anda dapat melihat sesuatu lebih obyektif.

10. Jika tak dapat mengatasi cemburu, saatnya temui terapis

Terapis dapat membantu Anda menyelesaikan perasaan Anda. Mencari bantuan pihak ketiga yang objektif selalu menjadi keputusan yang baik. Dengan begitu Anda memiliki cara positif dalam menghadapi masalah.

Sumber: bit.ly/NJyIL1

One thought on “10 Cara Mengatasi Cemburu Buta

  1. tika says:

    iyaa jugaa siee. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: