Intip kepribadian lewat sepatu

Leave a comment

Jun 19, 2012 @ 3:31 by tanya gooogle

Anda lebih suka memakai sendal, sepatu hak tinggi, atau pantovel mengkilap? Ternyata, pilihan sepatu  mencerminkan karakter pemakainya.

Para psikolog dari University of Kansas mengungkap orang dapat menilai usia, jenis kelamin, status sosial, emosional dan ciri kepribadian orang lain hanya dengan melihat sepatu yang dipakainya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Personality terhadap 63 mahasiswa, peneliti menunjukkan 208 pasang sepatu yang berbeda milik peserta dalam percobaan. Kemudian, peserta diminta menebaknya.

Hanya dengan memeriksa gaya, harga, warna dan kondisi sepatu, para peserta bisa menebak karakteristik pemilik sepatu hingga 90 persen akurat. Termasuk, jenis karakter (ekstrovert atau introvert), condong ke paham liberal atau konservatif, stabilitas emosional, keramahan dan keterbukaan seseorang.

Sepatu berharga mahal menunjukkan pemiliknya berpenghasilan tinggi. Alas kaki berwarna-warni dan mencolok cenderung dipakai si ekstrovert, atau sepatu yang agak lama tetapi masih bagus menandakan si pemiliknya telaten.

Sepatu yang praktis dan fungsional umumnya dipakai oleh pribadi yang menyenangkan. Ankle boots cocok dengan kepribadian yang lebih agresif. Sementara mereka yang sering menggunakan sendal atau flat shoes dilihat sebagai orang rendah hati dan santai.

“Sepatu melayani tujuan praktis dan juga berfungsi sebagai isyarat nonverbal dengan pesan simbolis. Sepatu memiliki berbagai macam gaya, merek, penampilan dan fungsi. Karena keragaman inilah, sepatu bisa memberikan informasi setiap pemakainya,” jelas peneliti dilansir melalui Dailymail.

 

 

Sumber: bit.ly/MCemQs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: