Intip nutrisi buah dari warnanya

Leave a comment

Jun 15, 2012 @ 8:28 by tanya gooogle

Warna pada buah ternyata bukan hanya membuatnya terlihat cantik. Lebih dari itu, warna buah merupakan informasi kandungan nutrisinya.

Tentu saja, setiap warna dalam buah-buahan diperkaya dengan vitamin, mineral, antioksidan dan senyawa penting lainnya yang memberikan efek menguntungkan bagi tubuh.

Jadi, dengan memakan buah berwarna-warni ini Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai nutrisi. Nah, biar tak salah pilih, Netdoctor   memberitahu buah apa aja yang wajib Anda santap.

Merah, Tomat
Meskipun sering dianggap sebagai sayuran, tetapi sebenarnya tomat merupakan buah. Tomat merupakan sumber yang baik dari lycopene (zat pigmen pemberi warna merah) yang dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara dan prostat.

Lycope sudah terbukti memberikan perlindungan terhadap kanker prostat pada pria. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan buah tomat dan produk tomat yang tinggi (seperti saus pasta) dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker prostat.

Biru, Blueberry
Blueberry kaya akan karotenoid dan anthocyanin, yang bertindak sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko kanker, stroke dan penyakit jantung. Anthocyanin dalam bluberi juga berbekerja sebagai anti-alergi, anti-inflamsi, anti-mikroba dan anti-kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry secara rutin bisa meningkatkan fungsi daya ingat, melindungi infeksi saluran kemih, serta beberapa gangguan mata, seperti degenerasi makula, katarak dan infeksi mata.

Ungu, Anggur
Anggur kaya resveratrol, sebuah antioksidan kuat yang membantu membersihkan pembuluh darah, mengurangi stroke dan risiko penyakit jantung dengan mengubah mekanisme molekuler dalam pembuluh darah.

Resveratrol juga berperan memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar dan prostat, serta saraf dan penyakit Alzheimer.

Uniknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat mengurangi produksi sel lemak dan meningkatkan penyerapan gula dari darah.

Kuning, Lemon
Lemon merupakan sumber yang kaya vitamin C yang merupakan antioksidan yang paling kuat untuk melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dianggap memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu menghilangkan infeksi tenggorokan.

Buah ini juga kaya akan limonoid, yang dapat membantu memerangi jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, paru-paru, kulit, usus dan perut, dengan menghilangkan racun kanker yang memproduksi zat.

Hijau, Kiwi
Buah kiwi merupakan sumber vitamin A, C dan E. Selain itu, kiwi juga mengandung antioksidan beta karoten, lutein dan xanthin. Peneliti menegaskan bahwa antioksidan tersebut dapat mencegah katarak, penyakit jantung dan kanker.

Kiwi juga mengandung asam amino arginin, yang penting untuk kesehartan jantung, serta untuk pengobatan impotensi pada pria. Buah berwarna hijau ini juga mengandung folat yang penting bagi wanita sebelum dan selama masa kehamilan untuk mendukung kelahiran sehat.

Jingga, jeruk
Jeruk adalah sumber vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin A dan B, serta mineral seperti kalsium dan besi.

Bagian putih dari kulit jeruk kaya akan pektin, serat yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Jeruk juga mengandung hesperidin (antioksidan) yang memiliki sifat anti-karsinogenik (anti racun), vasoprotective (melindungi pembuluh darah) dan anti inflamasi. Akibatnya, hesperidin bisa mengurangi alergi, seperti demam dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Cokelat, Asam
Buah asam yang berbentuk seperti kacang polong ini memiliki rasa manis asam. Meskipun jarang dikonsumsi langsung, ternyata buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, serta mineral, magnesium dan kalium.

Menariknya, asam memiliki sifat anti-bakteri. Dalam cerita India kuno, buah asam telah terkenal sebagai penurun demam. Buah ini juga membantu pencernaan.

Putih, Leci
Buah tropis ini sangat kaya berbagai nutrisi, termasuk vitamin C dan kelompok vitamin B kompleks, seperti thiamin, niacin dan folates.

Fungsi vitamin B ini bertindak sebagai faktor pendukung untuk membantu memetabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, vitamin B penting untuk reproduksi sel tubuh kita, dimana vitamin B ini membantu memperbaharui kulit, rambut dan kuku.

Para ilmuwan di Cina menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam leci dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan, sangat efektif untuk melawan kanker payudara.

Buah berair ini juga merupakan sumber kalsium dan kalium yang membantu mengontrol denyut jantung dan tekanan darah, menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung.

 

 

Sumber: bit.ly/LJTTbE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: