Kafein Bisa Bantu Hindari Dehidrasi?

Leave a comment

Jun 12, 2012 @ 2:18 by tanya gooogle

Selama ini, beberapa penelitian menyebutkan bahwa minuman berbasis kafein dapat memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh. Tetapi, penelitian terbaru menunjukan hal yang sebaliknya, seperti yang dilansir dalam Huffington Post.

Para peneliti dari La trobe university, Victoria, Australia, mengatakan bahwa meski tubuh membutuhkan dua liter cairan dalam sehari, tidak menandakan kita harus meminum air seperti dalam pedoman yaitu 8 gelas sehari.

Menurut jurnal tersebut, sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga cairan tubuhnya hanya lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi, bahkan meski dari minuman berkafein seperti kopi dan teh.

“Untuk mencegah dehidrasi tidak hanya lewat air saja, minuman seperti teh dan kopi juga dapat memberikan kontribusi cairan seseorang, meski mengandung kafein, minuman tersebut tidak menyebabkan dehidrasi,” ujar Dr Spero Tsindos.

Bahkan cairan yang ada pada selada juga dapat memberikan kontribusi sekitar 97 persen air pada tubuh. Jika Anda memakan 100 g selada, setara dengan konsumsi 97 g cairan.

“Minum air dengan volume tinggi telah terbukti bisa menekan nafsu makan, tetapi mengkonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi seperti semangka, selada atau jeruk bali memberikan hasil penurunan berat badan lebih besar daripada sekedar menghindari lebih banyak makanan dan konsumsi air yang banyak,” sambung Spero.

 

 

Sumber: bit.ly/O8So7B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: