Golongan darah AB rentan stroke

Leave a comment

Jun 11, 2012 @ 2:20 by tanya gooogle

Golongan darah Anda mungkin memengaruhi masalah kesehatan Anda. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah tertentu memiliki risiko lebih besar terkena stroke.

“Ada bukti yang ditemukan bahwa tipe darah dapat memengaruhi risiko penyakit kronis,” ungkap Dr Joann Manson, kepala pengobatan pencegahan di Harvard Brigham dan Rumah Sakit Wanita.

Para peneliti menganalisis data terhadap 62,000 wanita yang mengambil bagian dalam penelitian yang dilakukan oleh Nurses’ Health Study dan 28.000 pria dari Health Professionals Follow-up Study. Para partisipan rata-rata berusia 20 hingga 26 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita dan pria bergolongan darah AB memiliki 26 persen risiko lebih tinggi terkena stroke dibandingkan dengan orang bergolongan O.

Pada wanita, golongan darah B juga memiliki risiko 15 persen lebih besar mengalami stroke ketimbang wanita dengan golongan darah O di usia yang sama. Namun, hasil ini tidak ditemukan pada pria.

Sementara itu, golongan darah A dianggap golongan darah terbaik karena tak ditemukan hubungan risiko stroke dalam partisipan baik wanita maupun pria.

Dalam penelitian, orang bergolongan darah AB dan wanita dengan golongan darah B lebih rentan risiko stroke ketimbang orang dengan golongan darah O. Hal ini mungkin terjadi karena golongan darah tipe A, B dan AB lebih berisiko mengalami pembekuan darah di kaki dan serangan jantung. Sedangkan golongan darah O dikaitkan dengan peningkatan risiko pendarahan, yang berarti kecil terjadinya pembekuan penyebab terjadinya stroke.

Peneliti menjelaskan bahwa dalam setiap golongan darah memiliki perbedaan antigen (semacam protein) yang menjadi bagian dari sistem imun.

Pola respon sistem imun tubuh dimulai sejak kehidupan di dalam kandungan dan bergantung pada protein tersebut. Ada beberapa golongan darah yang sel darah merahnya lebih mudah bergumpal dan menempel di pembuluh darah sehingga mempercepat proses penyumbatan.

Meskipun faktor risiko golongan darah tak bisa diubah, ada banyak faktor risiko lain yang bisa diubah untuk menghindari stroke, seperti berhenti merokok, rutin berolahraga atau mengurangi makanan berlemak.

 

 

Sumber: bit.ly/LSEHHU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: