Peringatan bagi si pecinta pedas

Leave a comment

Jun 8, 2012 @ 2:31 by tanya gooogle

Cabai memang menambah sensasi nikmat pada masakan dengan rasa pedasnya. Apalagi jika sudah hadir dalam bentuk aneka sambal yang menggugah selera. Namun jika dikonsumsi berlebih, ternyata makanan pedas yang berasal dari cabai dapat menyebabkan beberapa penyakit serius.

Dr. SK Thakur, gastroenterologist dari India mengungkap bahaya makanan pedas di situsTimesofIndia, seperti dikutip berikut ini;

Meningkatkan asam lambung. Rasa pedas pada cabai di makanan pedas itu sebenarnya berasal dari kombinasi asam. Jika masuk dalam sistem pencernaan, dimana sebenarnya kadar asamnya pun tinggi, maka asam dalam masakan pedas akan menambah jumlah asam di lambung.

Gangguan lambung akut. Peningkatan jumlah asam lambung yang drastis, jika terjadi terus-menerus akan memicu gangguan lambung akut di lambung. Gejalanya mual, muntah, demam, diare, sakit kepala dan muntah.

Peradangan. Hal ini adalah kelanjutan dari gangguan lambung akut, yang menyebabkan lambung terluka. Luka parah di lambung ini membuat nanah muncul dan keluar dari luka tersebut.

Sulit tidur atau insomnia. Makanan pedas meningkatkan suhu tubuh dan memicu keluarnya keringat. Ini menyebabkan Anda sulit tidur.

Konsumsi aman makanan pedas yang dianjurkan adalah 3 atau 4 kali seminggu. Ini pun sebaiknya dengan kadar pedas yang tak terlalu tinggi.

Untuk menurunkan kadar asam lambung yang meningkat, maka konsumsi susu dan air kelapa muda akan membantu menurunkannya, hingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan.

 

 

Sumber: bit.ly/Mrs0T2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: