12 makanan rendah kalori pereda stres

Leave a comment

Jun 6, 2012 @ 1:41 by tanya gooogle

Saat stres, umumnya wanita akan ‘lari’ ke es krim, cake cokelat atau keripik kentang. Meskipun bisa meningkatkan serotonin yang memunculkan perasaan senang, makanan tersebut tentu kurang bersahabat bagi berat tubuh dan kesehatan. Padahal ada beberapa makanan sehat yang juga bisa membantu meredakan stres; tanpa lemak maupun kalori berlebih.

Agar bisa meringankan beban pikiran serta tidak menambah kalori dalam tubuh, simaklah 12 makanan rendah kalori pengusir stres, seperti dikutip dari iDiva.

1. Kembang Kol
Stres dapat menyebabkan sembelit. Untuk antisipasi, konsumsi sayuran sehat ini saat pikiran mulai padat. “Kembang kol memiliki serat tinggi untuk melancarkan saluran pencernaan Anda,” papar Maithili Kelkar, seorang ahli gizi di Mumbai.

2. Pepaya
Buah pepaya bisa meringankan beban pikiran Anda. “Pepaya merupakan sumber vitamin A, C, dan asam folat yang bisa meningkatkan tingkat energi Anda,” tutur Maithili. Sediakan buah pepaya ketika sedang banyak pekerjaan untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

3. Bayam
“Bayam dan sayuran hijau lainnya kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral,” ujar Naini Setalvad, seorang ahli gizi di Mumbai. Zat besi dalam sayuran hijau bisa meningkatkan kekuatan otak sehingga dapat mengurangi stres, terutama yang berhubungan dengan hormon.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah atau kenari mengandung dopamine yang akan membantu Anda menangani stres dengan cepat. Siapkan selalu kacang-kacangan yang tidak digoreng di meja kerja Anda.

5. Brokoli
Brokoli merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. “Brokoli memiliki antioksidan yang berguna untuk mengurangi stres,” ungkap Maithili. Anda bisa memasak brokoli di pagi atau malam hari setelah pulang kerja.

6. Sarden
Sarden merupakan makanan cepat saji yang bisa Anda masak di rumah maupun kantor. “Ikan mengandung omega 3 yang bertindak sebagai stabilisator suasana hati,” jelas Maithili. Supaya merasa lebih baik, tambahkan beberapa sarden, tuna, atau salmon untuk makan siang Anda.

7. Strawberry
“Strawberry memiliki fitonutrien, senyawa yang membantu melawan stres serta radang,” ujar Maithili. Anda bisa campurkan irisan strawberry ke dalam segelas yogurt untuk meningkatkan mood yang sedang turun.

8. Roti Gandum
“Roti gandum menjadi sumber karbohidrat yang sehat,” tutur Naini. Roti gandum merupakan cara yang baik untuk menyenangkan diri sendiri ketika pikiran sedang mumet. Selain bisa menenangkan suasana hati, roti gandum tetap menjaga berat badan Anda.

9. Air Kelapa

“Air kelapa adalah sumber energi instan,” ucap Maithili. Kandungan mineralnya, seperti kalium dan magnesium, akan membantu Anda mengatasi stres serta merelakskan pikiran. Maka dari itu, konsumsi segelas air kelapa dingin supaya tubuh lebih segar.

10. Telur
Telur merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin E, A, zat besi, selenium dan lemak sehat yang bisa meredakan rasa sakit. Anda dapat membuat omelet setelah pulang kantor atau menambahkan telur ke dalam makan siang Anda.

11. Wortel
Selain bagus untuk mata, wortel mengandung beta karoten atau zat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa masukkan wortel ke dalam menu makan atau membuat jus wortel ketika pikiran mulai suntuk.

12. Kentang
“Kentang memiliki serat makanan yang baik, beta karoten, serta potassium,” ujar Maithili. Kentang bisa meringankan beban pikiran yang berat. Agar manfaatnya lebih maksimal, sebaiknya kulit kentang tidak dikupas.

 

 

Sumber: bit.ly/LoXUyG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: