TIPS: 5 langkah ngemil yang sehat

Leave a comment

Jun 5, 2012 @ 3:05 by tanya gooogle

Apa Anda hobi ngemil? Tak selamanya kebiasaan memakan camilan membuat tubuh tidak sehat serta menyebabkan kelebihan berat badan. Anda harus bisa mengatur dan selektif ketika memilih makanan ringan yang ingin dikonsumsi.

Agar lebih terarah, coba ikuti lima langkah sederhana ini supaya mendapatkan camilan yang sehat.

1. Jadilah Konsumen yang Cerdas
Sebelum berbelanja, buat daftar makanan serta camilan yang sehat. Selain itu, sebaiknya Anda makan terlebih dahulu. Jika sudah merasa kenyang, Anda pun lebih terkendali ketika berbelanja. Hindari membeli makanan saat sedang lapar karena bisa membuat Anda kalap membeli dan mengonsumsi makanan yang kurang baik bagi tubuh.

2. Letakkan Camilan Sehat di Tempat yang Terjangkau
Letakkan camilan sehat di tempat yang terjangkau untuk mengontrol diri Anda ketika ingin ngemil. Camilan sehat bisa berupa keripik kentang yang Anda buat sendiri atau kacang-kacangan. Anda pun harus sembunyikan snack yang tidak sehat jauh dari pandangan mata.

3. Bawa Camilan Sendiri Saat Bepergian
Bawa makanan ringan yang telah Anda siapkan sebelumnya ketika sedang berpergian. Hal itu supaya Anda tidak terpengaruh membeli jajanan tidak sehat selama perjalanan. Pilih makanan berprotein yang telah dikemas, buah, atau kacang-kacangan, agar trip Anda semakin menyenangkan.

4. Mengontrol Porsi Makan
Anda harus tetap mengontrol porsi makan. Jika tidak mau gemuk, makan dengan porsi kecil ditambah camilan yang sehat. Anda dapat membuat sandwich kalau pekerjaan sedang menumpuk agar tidak ‘lari’ ke makanan yang kurang baik. Sediakan pula buah-buahan di sekitar Anda.

5. Alihkan Keinginan Anda
Mungkin Anda sering menginginkan es krim saat sedang stres, gerah, atau tidak ada pekerjaan. Coba alihkan keinginan tersebut ke makanan yang agak mirip, misalnya es krim digantikan dengan jus buah atau sorbet (mirip es krim tapi bentuknya sedikit kasar). Dengan demikian, Anda menjadi terbiasa mengonsumsi makanan ringan yang bermanfaat untuk tubuh.

 

 

Sumber: bit.ly/KsBAul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: