Manfaat Petai dan Jengkol

Leave a comment

Jun 5, 2012 @ 7:48 by tanya gooogle

petaiBaunya memang menjadi masalah bagi penikmatnya, sehingga petai dan jengkol tergolong makanan kelas bawah. Pengaruhnya, harga petai dan jengkol menjadi murah dan membuat orang berduit takmau mengonsumsinya.

Namun, tahukah pembaca bahwa petai dan jengkol termasuk sayuran yang berkhasiat? Berikut fakta manfaat petai dan jengkol bagi kesehatan.
1) Petai – Petai memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan dengan jengkol. Petai yang baunya sangat ‘menyiksa’ dibandingkan saudaranya, jengkol – memiliki 3 kandungan gula alami, antara lain; sukrosa, fruktosa, dan glukosa, serta dikombinasikan dengan serat tinggi.

Karena memiliki kandungan gula yang tinggi, membuat petai bisa diambil manfaatnya untuk penambah tenaga. Pembaca jangan pernah merasa heran, bila sekarang mengetahui ternyata banyak olahragawan yang memakan petai untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

Berdasarkan penelitian kesehatan, orang yang mengonsumsi 2 porsi petai per hari dapat menyuplai tenaga hingga 1,5 jam. Kemudian, kandungan tryptophan serta vitamin B6 dalam petai bisa mengatur emosi seseorang menjadi lebih tenang dan mengurangi tingkat depresi. Bagi yang mengidap darah tinggi akan senantiasa aman bila memakan petai, sebab kalium dalam petai meski banyak namun kandungan garamnya rendah.

Bahkan sebuah badan kesehatan di Amerika Serikat mengijinkan petani petai di sana untuk mengklaim bahwa petai di perkebunan yang dikelolanya berkhasiat menekan resiko darah tinggi dan stroke.

Kalium dalam petai yang tinggi pun bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan atau IQ anak di usia pertumbuhan serta meningkatkan konsentrasi otak. Perokok aktif alias pecandu, apabila ingin berhenti bisa memakan petai juga, karena kandungan vitamin B6, B12, kalium dan magnesium dalam petai mampu menekan hingga memengaruhi perokok menghentikan kebutuhannya akan nikotin.

Petai juga bisa menggantikan fungsi lotion anti nyamuk yang biasa digunakan selama ini. Oleskan pete pada kulit untuk melindungi dari gigitan nyamuk. Asal mau menanggung resiko kulit menjadi bau petai, tentu saja :))
Manfaat lain dari petai hingga menjadi perhatian ahli kesehatan dan medis, antara lain; petai mampu mencegah kegemukan (obesitas), mengobati anemia, mengobati sembelit, menetralkan atau memulihkan seseorang dari kondisi mabuk, menyembuhkan luka lambung, mengatur suhu tubuh, bahkan petai memiliki khasiat menghaluskan kulit, terbukti petai banyak diekspor ke Cina, Jepang, serta Korea sebagai bahan baku kosmetik.

2) Jengkol – Buah polong ini rupanya mengandung banyak vitamin, seperti asam jengkolat, mineral, serta serat yang tinggi. Untuk membantu pembuangan urine, jengkol memiliki kandungan diuretic yang mampu membantu melancarkan pembuangannya yang sangat membantu pengidap jantung koroner.

Serat yang terkandung dalam jengkol sangat membantu saat BAB, otomatis bisa membantu melangsingkan perut yang buncit karena sulit BAB. Itulah sebabnya jengkol dijadikan obat alternatif pencuci perut yang paling ampuh. Bagi penderita diabetes atau kencing manis, dianjurkan mengonsumsi jengkol, karena terdapat banyak kandungan mineral dan asam dalam jengkol.

 

 

Sumber: bit.ly/L4EmTm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: