Burger sehat? Bisa ‘kok’

Leave a comment

Jun 4, 2012 @ 2:00 by tanya gooogle

Makanan siap saji seperti burger selalu identik dengan makanan penuh lemak yang tak baik untuk kesehatan. Namun, siapa bilang kita tak bisa mendapatkan burger yang sehat? Jika tak ada yang menjualnya di luar sana, Anda bisa membuatnya sendiri.

Bagaimana caranya? Health.com memberikan beberapa petunjuk berikut untuk Anda.

1. Memilih roti
Pilihlah roti yang terbuat dari gandum, karena serat yang terkandung dalam gandum utuh bisa mengurangi risiko kanker usus. Julie Milier Jones, seorang ahli nutrisi di St Catherine University mengatakan bahwa yang paling baik adalah roti dari gandum utuh atau gandum hitam.

2. Jamur kancing putih
Berdasarkan penelitian USDA Human Nutrition Research Center di Tufts University, Boston, jamur kancing putih terbukti bisa meningkatkan sistem imun dan menghambat pertumbuhan tumor.Selain itu, jamur kancing juga mengandung banyak anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

3. Bawang merah
Penelitian menunjukkan bahwa bawang merah bisa meningkatkan kadar allyl sulfides, yang bisa menangkal kanker endometrium.

4. Tambahkan tanaman herba
Rosemary kering bisa ditambahkan dalam burger Anda. Selain menambah cita rasa, rosemary juga terbukti mengandung zat yang bisa melawan kanker, menurut penelitian di Kansas State University.

5. Pilih daging yang benar
Pilih daging yang mengandung paling sedikit lemak. Misalkan daging sapi yang 90% tidak mengandung lemak, atau daging ayam dan ayam kalkun pada bagian dada. Pilih daging memiliki berat sekitar 3 ons saat dimasak.

6. Sayuran hijau gelap
Pilih sayuran yang memiliki warna hijau gelap, seperti arugula. Sayuran yang memiliki warna hijau gelap kaya akan glucosinolates yang bisa digunakan untuk mencegah kanker payudara.

7. Tambahkan saos
Tentu saja, potongan tomat yang kaya akan lycopene akan membantu Anda menambah kadar antioksidan. Namun tak ada salahnya menambahkannya dalam bentuk saos. Gunakan saos dengan kadar gula rendah dan mengandung sedikit garam. Jika memungkinkan gunakan saos organik. Penelitian menunjukkan bahwa saos organik mengandung lycopene 50% lebih banyak dari saos kemasan biasa.

Itulah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat burger yang sehat dan kaya nutrisi. Selamat mencoba!

 

 

Sumber: bit.ly/Mp2SSV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: