3 Jenis Makanan Peredam Alergi

Leave a comment

Jun 4, 2012 @ 3:46 by tanya gooogle

Pada beberapa kondisi, tubuh kita sering tidak dapat menyesuaikan diri dengan udara atau cuaca, hingga timbul alergi. Atau juga kesalahan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

Seperti dikutip dari ivillage.com, terjadinya alergi ini karena menurunnya kekebalan tubuh. Biasanya begitu merasakan alergi, kita langsung mengambil obat untuk meredakannya. Namun, beberapa jenis makanan dan minuman ringan ini ternyata dapat membantu menyingkirkan alergi dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Plain yogurt

Menurut penelitian di Italia, dua cangkir yogurt tawar dapat mencegah alergi hinga 40 persen. “Bakteri baik yang ada pada yogurt bekerja sebagai anti inflamasi, molekulnya juga memberi kekebalan pada daya tahan tubuh,” jelas Jeanne Drisko, MD, kepala pengobatan integratif di University of Kansas Medical.

Anda disarankan untuk memilih yogurt bebas gula karena pemanis buatan yang biasa digunakan untuk perasa, yakni enam hingga 10 sendok sirupjagung fruktosa, justru akan memperburuk kondisi tubuh.

Teh

Cara paling sederhana untuk menghilangkan alergi adalah dengan meminum teh. Anda dapat menyeduh teh hitam atau teh hijau. Menurut penelitian di United States Department of Agriculture (USDA), antioksidan pada teh dapat meredakan alergi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Diamkan teh setidaknya tiga menit untuk memaksimalkan antioksidan larut dalam minuman.

Kenari

Selain yogurt dan teh, biji kenari juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk meredakan alergi. Kenari memiliki kandungan asam alfa linolenat (ALA) dan omega 3 yang cepat bereaksi untuk meredakan keluahan alergi.

Studi yang dilakukan Fred Pescatore, M.D., penulis buku “The Allergy and Asthma Cure” menyatakan lemak yang terdapat pada kenari adalah lemak sehat yang membuat sistem kekebalan tubuh terorganisir dengan kuat, sehingga virus dan juga sel kanker tidak bereaksi lebih pada tubuh. Hasil penelitian ini juga diterbitkan pada European Journal of Clinical Nutrition.

Ia juga menyarankan pada Anda agar mengkonsumsi dua ons kenari setiap harinya untuk memberikan kekebalan pada tubuh.

 

 

Sumber: bit.ly/K0hIPt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: