Konsumsi tempe menyehatkan

1

Jun 1, 2012 @ 3:42 by tanya gooogle

Tempe, tentu saja sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain murah, makanan ini juga mengandung protein tinggi. Tempe yang terbuat dari kacang kedelai ini aman dikonsumsi oleh semua umur dan mudah ditemukan.

Namun, siapa mengira jika tempe ini berjasa besar bagi kesehatan kita. Isoflavon, sebuah antioksidan yang baik bagi tubuh, dapat ditemukan dalam kacang kedelai dengan kadar yang sangat tinggi. Manfaat isoflavon sudah terbukti melalui berbagai riset yang dipercaya bisa mengatasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara hingga kolesterol.

“Kedelai merupakan sumber terbanyak isoflavon, kacang-kacangan lain tidak memiliki isoflavon. Kandungan isoflavon yang paling baik diolah adalah menjadi tempe,” ungkap  Dr Pauline Endang Praptini, SpGK, Spesialis Ahli Gizi Klinik Universitas Indonesia.

“Dalam 15 gram protein kacang kedelai terdapat 50 mg isoflavon. Tubuh memerlukan 50-100 mg isoflavon tiap hari untuk mencegah berbagai penyakit,” tambahnya.

Meskipun demikian, Dr Pauline menekankan bahwa jumlah isoflavon bervariasi tergantung bagaimana kedelai diproses. “Isoflavon tidak tahan panas dan pengolahannya harus menggunakan suhu dibawah 70 derajat Celcius agar tidak rusak,” jelasnya.

“Kalau sedari muda kita mengonsumsi tempe, tahu atau produk makanan dari kacang kedelai, maka isoflavon bisa membantu kesehatan kita saat memasuki usia 40 tahun,” tambahnya.

Dr Pauline menjelaskan salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah dapat mencegah risiko kanker payudara. “Pada kondisi tertentu, hormon estrogen wanita diproduksi secara berlebihan, sehingga memicu risiko kanker. Namun jika kita sering mengonsumsi makanan mengandung isoflavon, maka isoflavon ini akan bekerja menggantikan human reseptor estrogen dengan menutupi atau memblokir efek merugikan yang justru akan mencegah terjadinya kanker,” paparnya.

 

 

Sumber: bit.ly/KjF7dQ

One thought on “Konsumsi tempe menyehatkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: