‘Multitasking’ tak selamanya baik

Leave a comment

May 31, 2012 @ 3:18 by tanya gooogle

Dibanding pria, wanita lekat sekali dengan multitasking, atau dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Mengecek surat elektronik sambil menyeterika pakaian dan mengawasi anak membuat pekerjaan rumah atau menonton televisi kerap dilakukan untuk menghemat lebih banyak waktu.

(Istimewa)

Faktanya, menurut sebuah studi terbaru di Journal of Communication, para pelaku multitasking ternyata tak mendapat manfaat yang mereka harapkan.

Studi menemukan, wanita menjadi kurang produktif akibat multitasking. Meski begitu, banyak wanita yang tetap melakukannya karena merasa lebih baik. Penulis studi Zheng Wang, PhD, dari Ohio State University dan rekannya dalam studi mengamati mahasiswa tiga kali sehari selama empat minggu yang melaporkan kegiatan mereka dan mengapa mereka melakukannya.

Hasilnya, sebagian besar mahasiswa melaporkan melakukan beberapa pekerjaan di saat bersamaan membuat mereka kurang produktif. Tetapi mereka tetap melakukannya dengan alasan memberi kepuasan dan merasa lebih bahagia.

“Ini persepsi yang salah,” kata Dr Wang. “Meskipun banyak yang berpikir mereka menyelesaikan lebih banyak tugas, sebenarnya mereka tidak benar-benar membantu diri sendiri,” katanya seperti dikutip dari Today Health.

Bagaimana cara agar dapat mengurangi kebiasaan tersebut? Jim Taylor, PhD, seorang psikolog di University of Denver mengatakan ada beberapa hal agar Anda bisa mengurangi pekerjaan multitasking, yaitu:

– Buat jadwal harian
“Prioritaskan hal yang akan dikerjakan dan sederhanakan. Putuskan untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan,” kata Dr Taylor.

Anda akan terkejut melihat berapa banyak waktu yang dihemat saat melakukan hal-hal utama dan penting. Setelahnya, Anda bisa mencari kebahagiaan, antara lain menelepon teman.

-Pakai kacamata kuda
Buang hal-hal yang tak perlu. “Orang suka mengacaukan kehidupan dan pekerjaan mereka. Sebaiknya, lakukan hal-hal yang memang ada di depan mata, satu per satu,” kata Dr Taylor.

-Buat Prioritas
Menjawab setiap email yang masuk mungkin membuat Anda merasa baik selama 1-2 menit. Tapi, menyelesaikan sebuah laporan panjang membuat Anda lebih baik selama beberapa hari. Putuskan apa yang akan menjadi prioritas Anda, dan fokuslah pada hal itu.

 

Sumber: bit.ly/LI51CH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: