Mata Sehat Bersinar di Cuaca Panas

Leave a comment

May 29, 2012 @ 4:07 by tanya gooogle

Tidak hanya kulit yang memerlukan perawatan dan perlindungan dari sinar matahari, tetapi juga mata Anda. Mungkin Anda pernah merasakan mata panas dan perih ketika berjam-jam berada dalam paparan sinar matahari. Apalagi, udara yang panas, kering dan berdebu membuat mata jadi mudah berair.

Itu tandanya Anda harus mulai melakukan perawatan dan perlindungan pada mata Anda. Mau tahu caranya?

1. Lindungi mata dengan kacamata hitam

Pastikan Anda tidak pernah lupa menggunakan kacamata hitam. Pilih kacamata berbingkai besar yang mampu menutupi pelipis Anda. Ini akan mencegah mata dari paparan sinar ultra violet yang berbahaya, juga debu, dan asap.

Selain itu, menggunakan kacamata hitam mampu mencegah munculnya keriput di mata. Karena, jika Anda sering mengernyitkan mata dan dahi, garis-garis halus di dahi dan mata akan cepat muncul.

2. Rajin mencuci mata

Udara yang panas dan berdebu bisa membuat mata Anda kotor dan kering. Karena itu, rutinlah memercikkan air dingin pada mata setidaknya tiga kali dalam sehari untuk menghilangkan partikel debu yang masuk ke mata Anda.

3. Atasi alergi mata

Jika mata Anda kerap terasa perih, baik di udara panas maupun dingin, itu bisa menjadi pertanda kalau Anda menderita alergi pada mata. Untuk mengatasinya, jangan menggosok mata Anda dengan tangan yang kotor. Karena, hal tersebut hanya akan memperburuk alergi dan dapat menyebabkan stres pada mata.

Selain itu, hindari duduk terlalu dekat dengan AC. Udara AC hanya akan semakin membuat mata kering dan iritasi.

4. Hindari penggunaan lensa kontak

Karena udara di musim panas akan rentan berdebu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak. Debu pada udara akan membuat mata Anda iritasi, apalagi kalau Anda menggunakan lensa kontak.

5. Hindari tata rias mata

Jika Anda merasa gatal pada mata atau sedang mengalami iritasi, ada baiknya untuk tidak menggunakan tata rias mata. Dan, jangan lupa untuk menghapus riasan mata sebelum tidur, jika Anda tidak ingin terbangun dengan mata yang merah.

6. Hidrasi mata

Di musim panas, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menjaga kadar air dalam mata dengan menggunakan tetes mata secara teratur.

 

 

Sumber: bit.ly/JxKu8D 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: