TIPS: Relaksasi usai jam kerja

Leave a comment

May 28, 2012 @ 8:11 by tanya gooogle

Rasa lelah memang tidak bisa Anda hindari usai bekerja. Biar tubuh kembali bugar, Anda bisa melakukan cara asyik relaksasi.

Rileksasi merupakan salah satu faktor paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Saat Anda berileksasi, tubuh mengalami proses pelepasan ketegangan dan mengembalikan keseimbangan, baik pikiran maupun tubuh.

Relaksasi pun sangat penting mengelola stres. Pasalnya, stres dikenal berkontribusi bagi perkembangan banyak penyakit.

Berikut langkah-langkah sederhana merileksasi pikiran dan tubuh usai bergelut selama berjam-jam dengan pekerjaan, seperti dilansir Realbuzz.

Bertanya pada diri sendiri, “Telah melakukan apa saja hari ini?” dan “Apa rencana perubahan di masa depan?”

Dalam perjalanan pulang, sisihkan beberapa menit untuk berdiskusi pada diri sendiri tentang pencapaian yang telah diraih seharian, apa yang tidak berjalan dengan baik, perubahan apa yang dapat Anda lakukan di masa depan, atau hal-hal apa yang perlu Anda lakukan besok. Ingatlah untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama melakukan ini.

Hal ini bermanfaat sebagai persiapan Anda ketika menjelang hari yang akan berganti. Ketika pagi berganti, secara tak sadar otak sudah lebih siap dengan segala tantangan yang dihadapi di hari baru. Pasalnya, ada memori di otak Anda tentang apa yang dilakukan di hari baru.

Ubah karakter

Saat bekerja, Anda mungkin seorang atasan yang harus berlaku tegas dan disiplin agar segala urusan berjalan dengan baik. Tapi ketika sudah dalam perjalanan pulang, ubah karakter pribadi Anda, sebagai seorang ibu atau ayah yang siap disambut sang buah hati. Apakah Anda seorang pengisi kamar kos? Hubungi mereka yang terkasih. Stres dan ketegangan otot pun turut mereda.

Pikirkan rencana Anda untuk ber-me time di rumah

Dalam perjalanan pulang, pikirkan tentang pekerjaan-pekerjaan yang perlu dilakukan ketika Anda masuk ke rumah, walaupun keberadaan Anda di rumah hanya untuk makan malam dan tidur menghabiskan malam. Tapi, tentu ada sesuatu yang perlu diorganisir, seperti menulis daftar belanja atau melakukan sesuatu yang baik, seperti perencanaan di mana Anda ingin pergi untuk sebuah perjalanan jauh. Anda dapat memulai memersiapkan ini dengan menggunakan waktu berpikir Anda dalam perjalanan pulang dengan bijaksana.

Apa manfaatnya? Berpikir hal-hal rileks seperti yang disebutkan pun merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh, hormon-hormon penimbul perasaan senang.

Baca buku favorit atau main game

Bermain game pun salah satu cara untuk merelaksasi otak. Pilihlah jenis game yang merangsang otak agar terus terlatih dengan baik. Misalnya, bermain teka-teki silang, mencari kata yang hilang, atau Sudoku. Selain game, membaca buku favorit juga merileksasi otak dengan baik.

 

 

Sumber: bit.ly/LWwYgD 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: