Tingkatkan Produktivitas Kerja Dengan Musik

Leave a comment

May 28, 2012 @ 7:37 by tanya gooogle

Suasana kerja yang dilatarbelakangi suara musik dinilai lebih baik daripada sauna hening. Para peneliti pun mengklaim kondisi tersebut mampu memicu kreativitas di tempat kerja.

Tingkat musik yang ideal untuk bekerja adalah 70 desibel. “Ini adalah ‘prinsip Goldilocks’,” kata Profesor Ravi Mehta dari University of Illinois yang mempelajari cara otak memproses informasi terhadap berbagai tingkat kebisingan latar belakang.

“Tingkat moderat kebisingan tidak hanya meningkatkan pemecahan masalah-kreatif tetapi juga mengarah pada adopsi yang lebih besar dari produk-produk inovatif dalam pengaturan tertentu,” kata Profesor Mehta.

“Suara moderat akan membuat Anda berpikir ‘out-of-the-box’, apa yang kita sebut pemikiran abstrak atau pengolahan abstrak, ini bisa meningkatkan kreativitas.”

“Tapi ketika tingkat kebisingan terlampau tinggi, ini bisa mulai mempengaruhi proses berpikir,” tambahnya. Artinya bagi mereka yang ingin bekerja sendiri, misalnya, mereka akan lebih baik berada di warung kopi daripada di rumah dalam keheningan.

“Daripada mengubur diri sendiri dalam ruangan yang tenang mencoba untuk mencari solusi, lebih baik berjalan di luar zona kenyamanan seseorang dan masuk ke lingkungan yang relatif berisik seperti kafe sebenarnya dapat memicu otak untuk berpikir secara abstrak, dan dengan demikian menghasilkan ide-ide kreatif,” katanya.

 

 

Sumber: bit.ly/LWqMVS 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: