9 makanan pembebas stres

Leave a comment

May 28, 2012 @ 7:54 by tanya gooogle

Saat stres melanda tak hanya kepala yang dibuat pusing, tetapi semua aktivitas juga terganggu. Rasa gelisah, gangguan perut dan keringat dingin kerap membuat suasana menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa bahan makanan yang ada di bawah ini, seperti yang dilansir dari laman Ivillage.

Tulsi tea
Atau dikenal dengan suci kemangi. Tulsi tea sangat dipuja di India, karena digunakan sebagai obat-obatan. Beberapa studi menunjukan bahwa daun kecil ini juga dapat menurunkan hormon stres dan kortikosteroid. Hal ini berhubungan dengan kejenihan mental dan tingkat memori.

Walnut
Tinggi omega-3, vitamin B dan magnesium. Semua kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Di samping itu, walnut juga memberikan nutrisi yang baik untuk otak.

Kalkun
Daging putih ini merupakan sumber triptofan, prekusor serotonin yang bertanggung jawab untuk memberikan rasa tenang. Usai mengonsumsinya, Anda akan merasa mudah terlelap sehingga bisa menangkis depresi.

Telur
Hasil produksi ayam ini sering dikatakan sebagai penyebab utama penyumbat arteri dan kolesterol. Telur penuh nutrisi, seperti vitamin, lemak dan mineral yang ada di dalamnya, sebenarnya berfungsi untuk membantu pelepasan endorfin (zat kimia otak yang memperkuat kesenangan).

Kembang kol
Sayuran tinggi serat ini sangat pas dikonsumsi saat stres. Serat yang tinggi akan memperbaiki sistem pencernaan. Jika stres yang Anda derita menyebabkan sembelit, Anda patut mengasup sayuran satu ini.

Bayam
Kandungan mikronutrient seperti vitamin A, C, K dan folat, serta kandungan mineral seperti mngan dan besi, membuat makanan Popeye ini sering dikonsumsi oleh peserta diet. Tapi, jika Anda konsumsi saat stres, Anda akan mendapatkan ketenangan. Karena kerja sayuran ini akan berpengaruh pada kelenjar adrenal tempat di mana hormon stres disimpan akan menurun.

Biji labu
Seng sangat penting bagi kesehatan, kekebalan tubuh dan pengendali stres, terutama bagi penduduk perkotaan. Jika kekurangan kandungan ini dalam tubuh, Anda akan mengalami hilangnya nafsu makan, mudah depresi, dan mudah marah. Untuk mendapatkan jumlah seng yang baik, Anda cukup konsumsi satu genggam biji labu per hari. Biasanya biji labu dijual dalam bentuk kuwaci.

Tuna
Sumber protein terbesar ini mengandung omega-3, yaitu asam lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, omega-3 juga merupakan anti inflamasi alami. Ketika stres hadir dan berdampak pada peradangan dalam tubuh, Anda dapat menumpasnya dengan menyantap potongan ikan tuna.

Asparagus
Mungkin Anda hanya menganggapnya sebagai makanan hippie. Namun, sebenarnya asparagus merupakan makanan pembangkit energi untuk menghilangkan stres. Kandungan vitamin B dan 15 mineral di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme dan menstabilkan gula darah.

 

Sumber: bit.ly/JoNsY7 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: