TIPS: Menjadi ‘smart shopper’ busana

Leave a comment

May 24, 2012 @ 4:42 by tanya gooogle

Bukan hanya model, bahan, dan harga yang harus Anda pertimbangkan saat membeli busana. Ada hal lain yang sebenarnya harus diperhatikan, sebelum memutuskan membayar busana incaran di kasir.

Apa saja hal tersebut? Colin Megaro, seorang celebrity stylist asal Los Angeles, membagi trik agar Anda makin jadi smart shopper.

1. Baca instruksi

Beberapa bahan membutuhkan perlakuan khusus. Untuk itu, perhatikan instruksi di label agar Anda tahu apakah busana yang dibeli bisa dicuci biasa atau harus dibersihkan dengan dry clean.

Jangan sampai busana hanya sekali pakai, karena Anda salah mencucinya. Biaya perawatannya juga harus Anda dipertimbangkan.

2. Tes kusut

Untuk memastikan bahan tetap terlihat rapi sepanjang hari, disarankan untuk melakukan tes kusut. Caranya, dengan meremas bahan selama beberapa detik, lalu lepaskan.

Jika bebas kerut setelah dilepaskan, bahan tersebut tak mudah kusut. Namun, jika langsung terlihat kusut, pertimbangkan lagi untuk membelinya.

3. Riset kloset

Selalu pastikan busana yang Anda akan beli bisa dipadukan dengan koleksi yang ada di rumah. Baik atasan, bawahan, tas maupun sepatu. Untuk itu, selalu riset kloset Anda sebelum berbelanja busana. Apa yang dibutuhkan untuk membuat padu padan yang menarik.

4. Lihat di segala sudut

Sebelum membeli, Anda wajib mencoba busana. Lalu lihat di cermin yang sebaiknya Anda perhatikan dari segala sudut. Mulai dari depan, samping, dan belakang. Ini untuk mengetahui apakah ukurannya benar-benar pas atau tidak. Bisa saja dari depan terlihat bagus, tetapi di area belakang malah terlihat longgar.

5. Bergerak dan berjalan

Setelah Anda kenakan, banyak-banyaklah bergerak. Mulai dari berdiri tegak, berputar, berjalan, hingga duduk. Ini untuk melihat kadar kenyamanan potongan dan bahan. Misalnya, apakah kancing mudah copot, kadar elastisitas bahan, terutama potongan yang pas jika Anda membeli blazer dan celana.

6. Periksa detail

Hal terakhir adalah memeriksa secara detail busana yang Anda incar. Jika ada resleting, buka dan tutup untuk mengetahui apakah lancar atau tidak. Perhatikan juga kerapian jahitan di antara sambungan bahan. Pastikan busana tersebut tak ada cacat, sebelum Anda membayarnya.

 

 

Sumber: bit.ly/LGaW1o 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: