Olahraga 3 Menit, Cukup untuk Bakar Lemak

Leave a comment

May 21, 2012 @ 1:21 by tanya gooogle

 Banyak orang merasa malas melakukan aktivitas olahraga, apalagi harus pergi nge-gym setiap hari. Kebanyakan dari mereka yang sibuk, bahkan menyatakan tak punya waktu untuk berolahraga.

Namun, para ilmuwan dari Birmingham membawa kabar gembira. Seperti dikutip lamanTimes of India, Minggu, 20 Mei 2012, mereka mengungkapkan bahwa tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam berolahraga, jika ingin mengikis timbunan lemak. Sebab, tiga menit saja melakukan aktivitas olahraga sudah cukup untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Bagaimana caranya? Ternyata tak sulit, Anda hanya harus memiliki komitmen kuat untuk terus melakukan latihan singkat 3 menit saja secara intensif. Cara ini dikenal dengan istilah High Intensity Interval Training (HIT). 

Menurut ilmuwan di Birmingham dan Universitas Nottingham,  sesi olahraga seminggu sekali, lebih efektif membakar lemak daripada latihan harian berjam-jam.

HIT memicu pelepasan hormon pembakar lemak, membantu untuk menggeser mereka menangani timbunan lemak yang tidak diinginkan. Cara ini juga membantu tubuh menyebarkan glukosa dari darah ke jaringan otot dan dibakar sebagai energi daripada dikonversi menjadi lemak.

Dan semburan kuat aktivitas fisik juga memiliki efek membunuh nafsu makan, sedangkan latihan berat dengan melakukan olahraga setiap hari berjam-jam justru bisa membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Untuk melakukan aktivitas fisik 3 menit pun, sesungguhnya tak perlu melakukan aktivitas yang terlalu berat, cukup melakukan olahraga ringan saja, seperti berjalan atau naik sepeda.

“HIT sangat bagus untuk meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam otot dalam waktu yang sangat pendek,” kata Profesor James Timmons, pemimpin penelitian di Birmingham.

“Dengan berolahraga benar-benar intensif, Anda melepaskan hormon yang dapat membantu memecah lemak dan dapat membakar lemak dari waktu ke waktu, setelah HIT dilakukan,” katanya.

“Tanpa disadari, HIT juga akan menundukkan nafsu makan, sedangkan olahraga tradisional akan merangsang nafsu makan. Hal terakhir ini adalah kunci dan akan terus diteliti oleh tim kami,” tuturnya.

 

 

Sumber: bit.ly/K3S3mf 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: