Mencegah Aplikasi Palsu pada Android

Leave a comment

May 21, 2012 @ 2:03 by tanya gooogle

Android sempat menjadi sorotan akibat mulai banyaknya malware yang menghinggapi sistem operasi buatan Google tersebut. Sempat juga populer tentang aplikasi palsu yang banyak beredar pada Android Market (sekarang Google Play). Contohnya adalah Angry Birds.

Nah, untuk meminimalisir masuknya malware akibat aplikasi palsu yang beredar di Google Play, sahabat bisa mengikuti 3 tips dibawah ini. Apa saja tipsnya?

1. Periksa Developernya
Saya beri contoh misalnya aplikasi yang sedang populer saat ini yaitu Angry Birds. Developer resmi dari Angry Birds ini bernama Rovio Mobile LTD. Itu pasti yang asli karena memang perusahaan resmi pembuat Angry Birds ini berasal dari Rovio. Jika bukan dari Rovio, sahabat jangan mengunduhnya. Karena bisa jadi Angry Birds tersebut palsu.

2. Cek Rating
Semakin banyak rating, semakin bagus. Biasanya aplikasi palsu ini juga memiliki rating yang bagus, tapi hanya beberapa orang saja yang me-rating-nya. Coba lihat Angry Birds buatan Rovio. Banyak sekali orang yang me-rating. Jika sedikit, lebih baik tidak usah.

3. Baca User Review
Ada baiknya sebelum kita mengunduh aplikasi dari Google Play, bacalah sejenak user review. Disana akan terlihat komentar dari pengguna dari aplikasi tersebut. Baik itu bagus, ataupun jelek. Memang memerlukan banyak waktu. Namun kita disini bicara keamanan. Tak ada salahnya mengorbankan waktu lebih untuk membaca review dari orang lain, karena user review dapat menjadi gambaran atau deskripsi dari sebuah aplikasi.

Itulah beberapa tips, sekaligus penjelasan singkat dari saya. Semoga sahabat dapat berhati-hati dan lebih waspada jika ingin mengunduh sebuah aplikasi. Dimanapun aplikasi itu berada.

 

Sumber: bit.ly/L9Qsbx 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: