Ingin panjang umur? Tidur sianglah

Leave a comment

May 21, 2012 @ 6:36 by tanya gooogle

Jangan pernah remehkan pentingnya tidur siang. Tidur siang bahkan dapat mengulur umur lebih panjang.

Ya, bukan tanpa alasan untuk mengatakan tidur siang dapat memperpanjang umur. Pasalnya, dengan tidur siang, kesehatan jantung dapat lebih terjaga.

“Tidur siang itu menyehatkan, fungsinya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan mengisitirahatkan jantung. Lakukan sedikitnya setengah jam di siang hari, karena tidur siang menambah peluang umur panjang,” tutur Dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya “Jurus Sehat Tanpa Ongkos”.

Saat siang, kerja jantung berada di posisi puncak, dan tidur siang bermanfaat untuk mengendurkan otot jantung agar tidak terus kerja berat.

“Aktivitas organ tubuh berlangsung secara berirama atau yang disebut circadian rhythm. Begitu juga fluktuasi kadar hormon tubuh. Selama bergiat kadar adrenalin lebih tinggi. Secara circadian, waktu siang hari merupakan puncak kerja jantung. Pada saat itu jantung perlu dikendurkan supaya tidak terus berat kerjanya dengan cara tidur siang,” jelasnya.

Lebih lanjut dalam bukunya tersebut Handrawan pun memaparkan bahwa berdasarkan Survey National Sleep Foundation, Washington D.C, manfaat tidur siang bagi pekerja yaitu meningkatkan produktivitasnya melebihi pekerja yang tidak tidur siang. Selain itu tubuh menjadi lebih siap-siaga, pekerjaan tidak berisiko melamban, dan suasana hati lebih ayem.

 

 

Sumber: bit.ly/JJcxRz 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: