5 Vitamin Paling Dibutuhkan Wanita

Leave a comment

May 21, 2012 @ 2:57 by tanya gooogle

Selama bertahun-tahun, vitamin tambahan atau suplemen digunakan secara merata pada pria dan wanita. Ternyata studi terbaru menunjukkan bahwa, baik pria ataupun wanita memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda. Seperti dilansir di My Daily Moment, hal ini dikarenakan hormon keduanya yang tidak sama.

Sumber vitamin terbaik memang didapatkan dari bahan makanan, namun jika konsumsi makanan tidak mencukupi, Anda boleh menambahkannya melalui vitamin tambahan. Berikut adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan, khususnya oleh wanita.

1. Asam folat
Folat atau asam folat sintesis, adalah vitamin B yang sangat penting. Terlebih pada wanita hamil, kekurangan sumber folat dapat menyebabkan bayi lahir tidak sempurna. Asam folat sendiri dibutuhkan untuk pembentukan sel tubuh. Folat juga bekerja untuk menstabilkan perubahan suasana hati, terlebih saat PMS dan memasuki masa menopause.

Sumber: Kacang- kacangan, bayam dan sayuran hijau tua lainnya, roti, pasta, serta gandum.

2. Kalsium
Sebagai pembentuk tulang da gigi, kalsium memegang peranan penting. Studi lain menunjukkan bahwa kalsium juga dapat mencegah kanker payudara. Sama seperti folat, kalsium juga mengatasi sindrom menstruasi, untuk itu, konsumsi 1.000 miligram setiap harinya. Sedangkan untuk wanita pasca menopause, 1.200 miligram setiap hari dapat mencegah osteoporosis.

Sumber: Susu, keju, es krim, kacang almond, dan brokoli.

3. Zat besi
Tubuh kita membutuhkan zat besi untuk mengalirkan oksigen ke dalam sel. Saat zat besi dalam kadar rendah, Anda akan mudah merasa lelah. Biasanya ini sering terjadi saat menstruasi. Kebutuhan zat besi juga meningkat saat kehamilan, karena tubuh pun mengalami peningkatan sirkulasi.

Sumber: Daging sapi, unggas, dan ikan mengandung zat besi heme. Diperlukan suplai vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi heme ini ke dalam tubuh. Sedangkan sumber zat besi non-heme, terdapat pada kacang-kacangan, dan sayuran hijau tua.

4. Omega 3
Omega 3 adalah lemak yang dapat mengurangi risiko stroke dan penumpukan trigliseridadalam darah. Selain itu juga mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik. Omega 3 boleh dikatakan nutrisi super karena banyaknya manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh. Omega juga mengurangi peradangan yang berkaitan dengan jantung.

Sumber: Ikan salmon dan teri.

5. Vitamin D
Vitamin D bertugas untuk memaksimalkan penyerapan kalsium, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis. Studi juga menunjukkan bahwa vitamin D juga mengurangi risiko kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker usus besar.

Sumber: Salmon, minyak ikan, dan sereal. Selain pada makanan, berjemur beberapa menit pada jam 07.00 – 08.00 pagi tanpa tabir surya juga dapat membantu mendapatkan vitamin D. Tubuh dapat mensintesis vitamin D dari sinar matahari pagi.

Bagaimana? Kesehatan tubuh juga penting untuk mendukung kecantikan bukan?

 

Sumber: bit.ly/JJl3BW 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: