RI masuk Lima Besar Penderita DM Dunia

Leave a comment

May 18, 2012 @ 1:57 by tanya gooogle

Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) utama di dunia dan juga di Indonesia. Berdasarkan data, penderita DM di Indonesia adalah yang ke-4 terbanyak di dunia.

Menurut Wikipedia, diabetes adalah kelainan metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor dengan simtoma berupa hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Untuk itu, tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Pengaturan gula darah oleh tubuh dilakukan dengan bantuan hormon insulin yang berasal dari pankreas.

Ratusan anak dan remaja di Indonesia menjadi penyandang diabetes. Selain pola hidup yang tidak sehat, ada berbagai faktor penyebab yang ikut berperan. Padahal ada beberapa langkah sederhana bisa menjadi kunci untuk menghindari penyakit yang sering disebut kencing manis ini, kata para pakar.

Menurut laporan komunitas diabetes di Inggris pada 2012, para pakar kesehatan menyarankan 15 langkah penting untuk menghindari risiko penyakit yang mematikan tersebut. Di antaranya, mengukur kadar gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, berhenti merokok, pemeriksaan mata dan pemeriksaan kaki untuk komplikasi diabetes dan analisis fungsi ginjal pada urine dan darah.

Sumber: bit.ly/J4rHhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: