Percepat Pemulihan Setelah Sakit, ini Langkahnya

Leave a comment

May 16, 2012 @ 8:12 by tanya gooogle

Pasca perawatan intensif medis, Anda membutuhkan waktu panjang agar pulih ke kondisi normal. Lakukan hal-hal berikut agar masa pemulihan berjalan cepat.

Jatuh sakit akibat penyakit serius membuat kesehatan tumbang seketika. Proses pemulihan pun menjadi hal yang perlu dilalui setelahnya. Ya, penyakit yang menyerang tentu membuat Anda lemah dan terkuras energi.

Walaupun penanganan medis sudah dilalui, tidak berarti energi Anda akan cepat balik ke kondisi semula. Hal ini utamanya terjadi ketika Anda menderita infeksi virus seperti tifus, demam berdarah, cacar, malaria, dan penyakit lainnya.

Karenanya, agar masa pemulihan cepat dilewati, Anda harus patuh memelihara kondisi tubuh. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan selama masa pemulihan, sebagaimana dilansir Boldsky:

Perbanyak istirahat
Cobalah untuk beristirahat sebanyak yang Anda bisa. Tubuh Anda akan mendapatkan kekuatan hanya dengan kuantitas istirahat yang tepat. Jadi, jangan lekas bepergian sampai Anda benar-benar kuat.

Bantu dengan vitamin dan suplemen
Pasca terserang penyakit, tubuh menjadi kekurangan banyak vitamin. Cadangan vitamin yang terkuras dapat terganti dengan bantuan suplemen yang Anda konsumsi. Anda dapat mengonsumsinya sesuai kebutuhan. Misalnya, ketika Anda sakit malaria dimana menguras persediaan hemoglobin tubuh, maka Anda perlu mengganti energi dengan mengonsumsi tablet yang mengandung zat besi..

Tingkatkan asupan protein
Beberapa makanan seperti sup ayam, telur, susu dan jenis-jenis menu yang mengandung protein, dengan cepat meningkatkan kekuatan Anda. Karenanya, jalanilah diet kaya protein agar pemulihan lebih cepat dilalui.

Atasi masalah pencernaan
Anda mungkin memiliki masalah pencernaan cukup parah selama pemulihan Anda dari penyakit. Solusi pertama, konsumsilah makanan yang mudah dicerna. Jangan makan makanan pedas dan makan dalam porsi sedikit tetapi frekuensinya sering.

Pengobatan yang berat dapat membunuh bakteri baik yang membuat pencernaan Anda jadi lemah. Mengonsumsi yoghurt yang banyak dimana mengandung bakteri baik dapat membantu proses pencernaan lebih lancar. Yoghurt pun dapat membantu bakteri baik dalam perut Anda untuk tumbuh kembali.

Jangan biarkan diri Anda berlama-lama lesu
Seringkali ketika Anda berbaring di rumah berhari-hari, hal tersebut membuat mood menjadi drop dan tak bersemangat. Ini bukan karena lelah, tapi lesu karena penyakit yang menyerang Anda. Jika ingin pulih, Anda perlu melawan gejala tersebut. Istirahatlah sebanyak yang diperlukan, tetapi jangan lewatkan hal-hal dasar seperti mandi, berjalan di sekitar rumah atau membereskan pakaian Anda sendiri.

 

 

Sumber: bit.ly/MjoMFT 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: