Olahraga, Obat Ampuh Nyeri Haid

Leave a comment

May 16, 2012 @ 8:22 by tanya gooogle

Tak sedikit wanita yang mengalami kram saat menstruasi. Penggunaan obat pereda rasa sakit pun menjadi solusi untuk segera meredakan rasa sakit yang mengganggu. Padahal, mengonsumsi obat pereda nyeri haid bisa mengganggu fungsi hati jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Dan, tahukah Anda kalau untuk meredakan rasa nyeri haid ada cara yang lebih aman dibanding harus selalu minum obat?

Anda pasti tahu manfaat besar di balik olahraga secara teratur. Di antaranya, mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga kondisi otot, membantu fleksibilitas sendi, dan tentunya membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Dan, ternyata olahragapun dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri saat haid. Tidak percaya?

Olahraga rutin yang dilakukan dipercaya dapat meredakan kram dan kembung yang kerap datang saat haid. Tak hanya itu, olahraga saat datang bulan jugadapat membantu efektivitas sirkulasi darah, sehingga mengurangi rasa sakit kepala dan rasa sakit lainnya yang disebabkan oleh hilangnya darah serta deplesi besi.

Menurut Dr Archana Dhawan Bajaj, konsultan obesitas, kesuburan, dan IVF Expert di Nurture, New Delhi, siklus menstruasi dapat dibagi dalam enam fase. Tiga hari pertama dikaitkan pada perubahan dinding rahim, sedangkan tiga hari selanjutnya berkaitan dengan proses yang terjadi dalam ovarium.

Efek fisiologis menstruasi membuat orang merasa lelah, depresi, dan lebih rentan terhadap jerawat. Hal ini membuat periode haid menjadi waktu yang tidak nyaman bagi kebanyakan wanita.

“Sementara itu, peningkatan aktivitas tubuh dengan berolahraga dapat sangat bermanfaat kala haid, mengingat tingkat metabolisme tubuh akan menurun selama haid. Jadi, salah satu yang harus dilakukan wanita haid adalah olahraga dan menambah asupan kalori sebanyak 20-25 persen,” ujarnya dikutipHealth Me Up.

Tapi, kuantitas aktivitas berolahraga juga akan menentukan efeknya pada siklus haid. Wanita yang terlalu tenggelam dalam rutinitas keseharian dan lupa untuk berolahrga cenderung mengalami siklusmenstruasi yang panjang dan menyakitkan. Juga, tidak teratur.

Sedangkan jika terlalu banyak berolahraga, wanita bisa menderita penghentian siklus haid sementara waktu. Ketika tingkat lemak tubuh berada di bawah 20 persen, wanita mungkin mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Karenanya, olahraga secara moderat lebih dianjurkan. Haid lebih teratur dan terhindar rasa sakit. Lakukan olahraga 45 menit hingga 1 jam selama 3 kali sepekan. Tingkat olahraga yang moderat mengarah pada tingkat aliran menstruasi yang moderat pula.

 

 

Sumber: bit.ly/IXOfQK 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: