Cara Jitu Menghindari Kegelisahan

Leave a comment

May 15, 2012 @ 4:20 by tanya gooogle

Terlalu banyak pemicu stres atau rangkaian masalah yang membuat kehidupan menjadi sulit untuk dijalani akan membuat hidup Anda menjadi mudah gelisah dan tidak tenang. Sedangkan kehidupan tak selalu penuh dengan kebahagiaan. Seringkali Anda harus berjuang ekstra demi mendapatkan akhir yang bahagia dan indah.

Sedangkan ada juga mereka yang selalu tak tenang sekalipun kehidupan berjalan sesuai dengan rencana yang ada. Ada saja hal sepele yang membuat mereka tidak puas dan cenderung untuk menuntut lebih. Akibatnya kehidupan yang mereka jalani selalu penuh dengan kegelisahan yang mereka ciptakan sendiri.

Seorang penulis buku tentang resiliensi atau perjuangan hidup yaitu Robert Wicks justru beranggapan bahwa semakin banyak dan tinggi tingkat ujian hidup, maka semakin tinggi pula kekuatan manusia untuk bertahan menjalani hidup. Ada beberapa hal yang bisa membuat hidup Anda lebih tenang jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya Anda tak ingin sellau terjebak dalam kegelisahan dan kegalauan yang berkepanjangan.

Evaluasi diri 
Kadang-kadang resah itu timbul karena suatu hal yang tidak jelas. Ada baiknya Anda berdiskusi dengan diri sendiri untuk bertanya di mana yang kurang atau kesalahan apa yang telah Anda perbuat. Setelah itu Anda bisa mencatatnya atau menghafalnya. Maka yang terlihat adalah bukan permasalahan yang besar untuk dipikirkan terlalu larut. Anda bisa langsung bertindak tepat sasaran ketika tahu mana yang perlu Anda perbaiki.

Cari sisi positifnya 
Ketika masalah datang, sebenarnya Anda diuji untuk melawan diri Anda sendiri. Seberapa kuat Anda bertahan untuk tetap maju, seberapa kuat Anda sabar untuk melangkah, dan seberapa kuat Anda berjuang untuk menghindari tindakan kotor. Jalan pintas yang tak selalu terpuji dilakukan kadang menjadi pilihan mereka yang lemah.

Maka sebaiknya ketika masalah datang, Anda harus sadar secepatnya bahwa butuh kerjasama yang baik dengan diri sendiri agar semua terselesaikan dengan baik. Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukannya adalah dengan berpikir positif atas semua kejadian, tak hanya ketika kebahagiaan datang, bahkan ketika Anda sedang diuji atas suatu masalah. Selalu ada hikmah jika Anda pandai berpikir positif dan menerima segala hal.

Berhenti mengeluh 
Keluhan bisa jadi semakin menambah berat beban hidup Anda. Terlalu banyak keluhan hanya akan membuat Anda menjadi berpikiran sempit memandang segala hal. Maka berhenti sejenak dan mengurangi keluhan bisa menjadi langkah berikutnya.

Bersyukur dan berterimakasih 
Terlalu banyak keindahan dan nilai yang berharga terkandung dalam sebuah kehidupan. Anda layak dan harus mensyukurinya. Hiduplah untuk berterimakasih, walaupun mungkin kita tak akan mendapatkan hal yang serupa dari orang lain. Hidup dengan baik sebagai rasa terima kasih kita pada Tuhan yang telah menciptakan kita sebaik-baiknya bahkan tak akan mampu membayar semua keajaiban dan kebaikan Tuhan pada hambaNya,manusia. Jadi selalu ingatlah hal itu ketika maslah datang. Dunia tetap akan berjalan selagi Anda bernafas. Maka sudahi dan jangan berlama-lama bersedih dan merasakan kegalauan.

Ketika kita bersedih dan gelisah, pada dasarnya kita telah melewatkan kesempatan untuk berbahagia dan membahagiakan orang lain. Jadi buka mata hati Anda lebar-lebar untuk merasakan betapa berharganya sebuah kehidupan, daripada terlalu lama terpuruk akan kegalauan yang bersifat sementara.

 

 

Sumber: bit.ly/JUUAMy 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: