‘Lovely Man’, Kisah Seorang Ayah Transgender

Leave a comment

May 11, 2012 @ 1:55 by tanya gooogle

Satu lagi film karya anak bangsa yang sudah diakui di dunia International. Film yang disutradari oleh Teddy Soeriaatmadja berjudul ‘Lovely Man’.

Film drama ini dibalut dengan isu transgender dan menghabiskan biaya yang tidak mahal. “Film ini memang bercerita tentang hubungan bapak dan anak. Saya terinspirasi dari film The Wrestler untuk nulis cerita film ini,” ujar Teddy Soeriaatmadja.

Film ini bercerita tentang seorang gadis muslim sederhana bernama Cahaya (Raihaanun) berumur 19 tahun yang mencari ayahnya di Jakarta. Sejak Cahaya ditinggal oleh ayahnya Saiful (Donny Damara) pada umur empat tahun, Cahaya dibesarkan hanya oleh ibunya dengan nilai-nilai Islam yang ketat.

Perjalanan ini adalah perjalanan pertamanya ke kota besar dengan hanya membawa foto dirinya saat bersama ayahnya dan sebuah alamat yang dia curi dari Ibunya. Di Jakarta, Cahaya merasa sangat bingung dengan hiruk pikuk kota besar dimana semuanya bergerak dengan ritme yang cepat.

Pencarian ini membawanya ke sebuah kompleks apartemen tempat tinggal ayahnya. Saat dia sedang mencari informasi mengenai Ayahnya, seorang wanita yang tinggal di salah satu apartemen memintanya untuk mencari sang Ayah di Taman Lawang.

Cahaya yang sudah kelelahan karena perjalanan panjang dari Jawa Tengah tetap memaksakan diri untuk pergi ke Taman Lawang dan mencari Ayahnya. Sangat terkejutlah dia dengan apa yang dia lihat sesampainya di Taman Lawang, yang ternyata adalah tempat prostitusi transgender. Di tempat itu juga Cahaya mendapati kenyataan bahwa ayahnya adalah seorang transgender.

Kekecewaan pun melanda Cahaya yang sedari awal membayangkan bahwa ayahnya adalah seorang ayah ideal. Pertemuan antara Cahaya dan Saiful di jalan tempat ayahnya bekerja kemudian membuka dialog diantara mereka yang terputus selama 15 tahun.

Teddy pun berharap film ‘Lovely Man’ bisa bisa diterima dan disukai masyarakat Indonesia. “Saya cuma berharap masyarakat akan suka sama film ini. Soal pesan di dalam film, itu biar pendapat masing-masing saja,” tandasnya.

Film ‘Lovely Man’ sudah tayang pada 10 Mei 2012 di bioskop kemarin.

 

Sumber: bit.ly/JFKz6k 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: