Kanker Payudara pun Incar Pria

Leave a comment

May 9, 2012 @ 2:30 by tanya gooogle

Jangan pernah berpikir jika kanker payudara hanya diidap kaum perempuan. Ternyata, kaum pria juga rentan terhadap risiko jenis kanker ini.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kanker payudara pada pria jauh lebih mematikan dibandingkan kanker payudara pada wanita.

Menurut pimpinan penelitian Dr Jon Greif, seorang ahli kanker payudara di Oakland, California, banyak pria yang tidak menyadari jika mereka bisa terkena kanker payudara dan banyak pria yang mengabaikan gejala-gejala kanker payudara.

“Pria dengan kanker payudara tidak mendapatkan perawatan standar dibandingkan perempuan dengan kanker payudara, padahal masih ada peluang untuk memperbaikinya. Para perempuan didorong untuk melakukan pemeriksaan payudara dan mammogram, ” papar Dr Jon Greif kepadaLivescience.

The American Cancer Society memperkirakan 1 dari 1.000 pria akan mengalami kanker payudara, dibandingkan dengan 1 dari 8 wanita. Sebagai perbandingan, 1 dari 6 pria akan mengalami kanker prostat, jenis kanker paling umum yang diderita pria.

Terlepas dari tingkat keparahan kasus, pasien kanker payudara pada perempuan memiliki harapan hidup sekitar 83 persen dalam kurun lima tahun dibandingkan pria yang hanya 74 persen.

Tak hanya itu, pria dengan penyakit kanker payudara stadium awal memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih buruk daripada perempuan dengan kanker payudara stadium dini.

Penyebab kanker payudara pria masih diselidiki hingga kini, tetapi para ilmuwan menyakini terjadi beberapa persamaan faktor risiko kanker payudara pada pria dan perempuan, termasuk usia, kanker terkait mutasi gen, riwayat penyakit keluarga dan kebiasaan minum alkohol.

Para peneliti menyatakan bahwa pria harus ditargetkan dalam program kanker payudara untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai risiko dan gejala kanker tersebut.

Kanker payudara pada pria biasanya muncul sebagai benjolan atau bengkak di bawah atau dekat puting. Bentuk puting dan payudara yang cacat atau tidak sesuai juga menjadi tanda-tanda jika pria harus segera menemui dokter.

 

Sumber: bit.ly/IFy1ur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: