Telkom Pakai Fiber Optic untuk Internet Cepat

Leave a comment

May 1, 2012 @ 3:56 by tanya gooogle

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) selama ini masih menjadi pilihan dari berbagai instansi maupun perseorangan untuk koneksi internet yang stabil. Namun kestabilan koneksi saja tidak cukup, koneksi yang stabil dan “ngebut” lah yang dibutuhkan saai ini oleh semua pengguna internet. Semakin beragamnya penggunaan internet membuat tuntutan tersedianya sebuah koneksi internet kencang tidak lagi terelakkan. Telkom sebagai salah satu penyedia koneksi internet dan komunikasi terbesar di Indonesia saat ini telah memulai penggantian jaringan telepon yang selama ini menggunakan kabel tembaga.

Untuk meningkatkan kualitas koneksi, perusahaan operator telekomunikasi “plat merah” tersebut akan menggantinya dengan menggunakan fiber optic yang memang dikenal lebih baik untuk komunikasi data. Rinaldi Firmansyah, Direktur Utama Telkom, menyatakan bahwa jaringan telepon dengan fiber opticakan meningkatkan kualitas transmisi data dan secara langsung juga akan mempercepat komunikasi data yang diperlukan untuk koneksi internet.

fiber optics Telkom Tak Lagi Gunakan Kabel Tembaga Demi Internet Ngebut

Strategi Telkom tersebut adalah sebuah usaha radikal yang dilakukan untuk melakukan revitalisasi dan peningkatan kualitas di seluruh jaringan kabel yang dimilikinya. Jaringan kabel tembaga yang dipakai oleh Telkom selama ini sebenarnya hanya bagus untuk komunikasi suara. Sedangkan untuk koneksi internet, kecepatannya masih cukup rendah sehingga tidak maksimal.

Diakui oleh Rinaldi bahwa pelanggan layanan telepon kabel memang semakin menurun, yang hingga saat ini telah mencapai 8,5 juta satuan sambungan telepon (SST). Namun di sisi lain, jumlah pelanggan internet Speedy juga semakin meningkat yang sudha mencapai 2 juta nomor terdaftar. Rinaldi juga menambahkan bahwa saat ini Telkom tidak bisa hanya mengandalkan layanan komunikasi suara saja yang  saat ini jumlahnya semakin menurun, sehingga harus membuat strategi lain yaitu dengan meningkatkan kualitas layanan data internet untuk menambah pelanggan dan menggantikan berkurangnya pelanggan layanan voice.

Dalam proses penggantian infrastruktur jaringan ke kabel fiber optic tersebut, PT Telkom bekerjasama dengan PT Inti (Persero). Untuk jadwal penggantian tersebut akan memakan waktu sekitar 3 tahun hingga selesai secara keseluruhan. Sedangkan untuk tahun ini saja ditargetkan bisa mencapai 1 juta sambungan kabel fiber optic  yang telah terpasang. Setelah selesainya semua sambungan tersebut, koneksi internet yang disediakan oleh Telkom akan semakin stabil dan “ngebut”.

 

Sumber: bit.ly/IBVz9a

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: