Nokia Jual Brand Termahal Dunia?

Leave a comment

May 1, 2012 @ 1:23 by tanya gooogle

Nokia dikabarkan dalam pembicaraan serius untuk menjual brand ponsel termahal, Vertu. Mengutip Financial Times, Nokia dikabarkan akan menjual Vertu ke Permira, sebuah perusahaan ekuitas asal Inggris.

Financial Times
 menyebut Permira dan Nokia masih mendiskusikan angka penjualan Vertu, yang disebut mencapai 200 juta Euro atau sekitar Rp2,4 triliun. Jika penjualan ini berhasil, maka Permira akan menambah portofolia brand mewahnya, setelah sebelumnya memiliki Hugo Boss dan Valentino.

Vertu merupakan perusahaan berbasis Inggris yang secara independen dikelola oleh Nokia di tahun 1998. Nokia menjadikan Vertu sebagai merek yang melambangkan kemewahan.

Sejumlah produk yang dikeluarkan Vertu antara lain Vertu Ascent Ferrari 1947 Limited Edition dan Vertu Ascent Ferrari 60. Vertu memang terkenal sebagai produk buatan tangan dengan sejumlah komponen eksklusif. Tak jarang produk Vertu menampilkan perhiasan mahal seperti display kristal atau batu safir.  Ini menyebabkan harga satu unit ponselnya bisa mencapai 200.000 Poundsterling atau sekitar Rp3 miliar.

Selain Permira, Nokia juga dikabarkan pernah melakukan pembicaraan terkait penjualan Vertu dengan EQT, sebuah perusahaan ekuitas Eropa. Tapi EQT disebut tidak melakukan pembicaraan serius mengenai kesepakatan harga.

Goldman Sachs dikabarkan menjadi penasehat Nokia dalam proses penjualan. Tapi belum ada satu pihak pun yang bisa dikonfirmasi terkait kabar penjualan Vertu ini.

Salah seorang sumber yang terlibat transaksi ini mengatakan Vertu memiliki nilai lebih di brand, ketimbang teknologi yang dimiliki. Ini menjadikan produk Vertu berpotensi untuk dijual di kawasan Asia dan Timur Tengah yang memiliki pertumbuhan kekayaan pesat.

 

 

Sumber: bit.ly/IzATNZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: