TIPS: P3K Ponsel Kena Air

Leave a comment

Apr 27, 2012 @ 6:41 by tanya gooogle

Air memang merupakan salah satu musuh utama bagi kebanyakan alat elektronik, termasuk ponsel. Sikap ekstra hati-hati terkadang tidak cukup apalagi di musim hujan seperti sekarang ini.

Akibatnya bisa bermacam-macam, dari mulai ada fungsi yang rusak, hingga mati total. Untuk menghindari hal tersebut, ini beberapa langkah pertama yang harus Anda lakukan saat ponsel Anda terkena air.

1. Jika ponsel masih dalam keadaan menyala, segera matikan ponsel dan jangan biarkan lebih lama lagi.

2. Lepas baterai dan lap bagian yang basah hingga kering. Jika memungkinkan, gunakan pengering tambahan seperti hairdryer dengan tenaga paling rendah dan jarak yang tidak terlalu dekat.

3. Apabila air yang masuk ke ponsel cukup parah, segera lepas casing dan bongkar berbagai komponen yang memungkinkan, seperti sim card dan memori eksternal, lalu keringkan sebisanya.

4. Letakkan ponsel di tempat dengan suhu hangat hingga beberapa saat, misalnya dibawah cahaya lampu. Akan lebih baik jika waktunya ditambah hingga 1 atau 2 hari.

5. Beberapa sumber mengatakan, meletakkan komponen-komponen ponsel Anda di dalam beras akan membantu pengeringan. Hal ini dimungkinkan karena sifat beras yang menyerap dan mengikat molekul air.

Langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan saat ponsel terkena percikan air atau tercebur sesaat. Lain cerita jika ponsel Anda sudah terendam air dalam beberapa menit. Walaupun masih ada kemungkinan berhasil, Anda tetap harus siap jika ponsel tersebut tidak bisa dipakai lagi.

 

Sumber: bit.ly/I7gElO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: