Perbaiki Perasaan dengan Empat Langkah Mudah

Leave a comment

Apr 12, 2012 @ 3:20 by tanya gooogle

Semua orang yang berada di sekeliling terasa sangat menyebalkan? Aktivitas yang Anda lakukan terasa selalu salah? Perasaan yag tak menyenangkan memang bisa memengaruhi segalanya.
Mulai dari hubungan sosial Anda hingga pekerjaan. Jangan lama-lama membiarkan diri tenggelam dalam perasaan yang tidak enak. Ada cara menyiasatinya dalam waktu singkat, coba saja empat trik berikut.

Bernyanyi

Hasil penelitian membuktikan organ sensorik primitif di telinga bagian dalam, sacculus, bisa-bisa bereaksi terhadap musik. Ini akan memicu respon di hipotalamus yang menciptakan perasaan menyenangkan.

“Pertimbangkan untuk bernyanyi dengan suara mendayu-dayu saat datang kekhawatiran,” kata Reid Wilson, Ph.D., penulis buku Taking Control of Anxiety Attacks, dikutip dari Self.com. 

Cobalah untuk bernyanyi “Row, Row, Row Your Boat”. Menyanyikan lirik yang bertema kekhawatiran akan membuat Anda lebih tenang.

Olahraga

“Olahraga dapat membuat otak lebih bekerja dalam situasi stres,” kata John Ratey, MD, penulis buku Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain.

Beberapa bukti menunjukkan kalau olahraga sampai berkeringat akan mendorong pertumbuhan neuron baru yang kurang reaktif terhadap stres.

Mengingat hal yang menyenangkan

Cobalah mengingat kembali saat-saat menyenangkan. Misalnya, saat mendapat gaji pertama, mendapat hadiah dari pasangan, atau mungkin ciuman pertama. Cara ini bisa mengaktifkan sistem saraf yang yang terkait dengan rangsangan perasaan nyaman.

“Mengenang hal baik mengaktifkan jaringan saraf yang berhubungan perasaan diperhatikan. Hal ini apat membantu Anda merasa lebih aman,” kata Rick Hanson Ph.D seorang neuropsikolog.

Cari “penularan” emosi positif 

Seperti virus dan bakteri, emosi juga mudah menular dan ditularkan. Cobalah berbincang dan bergaul dengan orang-orang lucu dan menyenangkan. Siapa tahu, Anda bisa dengan mudah tertular emosi positifnya.

“Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang bahagia, membuat Anda juga akan merasa lebih bahagia,” kata  Marco Iacoboni, M.D., penulis buku Mirroring People: The Science of Empathy and How We Connect With Others.

 

Sumber: bit.ly/HDGSxF


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: