Cara Menghadapi Rasa Gugup

Leave a comment

Apr 4, 2012 @ 3:50 by tanya gooogle

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali Anda menghadapi sebuah situasi dimana memerlukan kesiapan untuk tampil percaya diri. Terlebih dalam dunia kerja ataupun bangku pendidikan. Namun, adakalanya Anda mengalami nervous, atau lebih dikenal dengan rasa gugup. Rasa ini terkadang muncul karena beberapa pemicu. Rasa gugup sejatinya adalah perpaduan dari ketidakpercayaan diri, malu, dan kecemasan. Rasa ini sering muncul jika Anda berada di tempat, suasana, dan lingkngan baru. Adalah wajar jika setiap orang mengalaminya, namun akan sangat rugi jika Anda tidak dapat mengendalikannya lalu terjebak ke dalam stagnasi dan lenyap begitu saja.

Kebanyakan orang menggeneralisasikan gugup dengan takut. Hal ini tidak salah, takut merupakan sinyal adanya bahaya yang harus Anda hindari maupun Anda lawan. Akan berlebihan jika Gugup atau grogi justru menghambat Anda untuk maju. Rasa takut ini harus Anda kalahkan dengan bersikap rasional dan mengubah keadaan, semacam tantangan bagi Anda untuk tampil lebih percaya diri.

Ada beberapa cara yang mudah untuk mengatasi rasa grogi yang kadang muncul, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Kendalikan diri anda
Saat gugup mulai menjalar, pastikan Anda mampu menguasai diri dengan bersikap tenang. Ketika Anda belum mampu merencanakan untuk melakukan langkah selanjutnya, pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang akan mempermalukan diri sendiri. Tarik nafas yang dalam perlahan-lahan, lalu atur nafas Anda agar mulai kembali teratur.

2. Bersikap nothing to loose 
Jangan larut dalam situasi. Jernihkan pikiran. Anda tidak akan mengalami kerugian apapun. Rasa grogi sebagian besar timbul dari pikiran yang terlalu berlebihan menganalisa situasi. Mulailah berani untuk mengambil langkah yang telah direncanakan. Sekalipun ada kemungkinan kegagalan, itu merupakan hal yang wajar yang justru dapat Anda pelajari agar lebih baik lagi di kemudian hari.

3. Memotivasi diri
Saat seperti ini, jangan terlalu mendengar bisikan-bisikan pihak lain yang tidak jelas dan justru semakin menambah rasa cemas. Dengarkan kata hati Anda untuk maju dan mengambil kesempatan emas dengan memotivasi diri. Mulailah dengan menyemangati diri sendiri untuk maju dan mengalahkan rasa cemas. Jika hasilnya tidak sesuai perhitungan, setidaknya Anda menang atas rasa takut dari diri sendiri, itu adalah kemajuan yang bagus yang perlu diperhatikan.

4. Berpikir positif
Singkirkan pikiran negatif yang tak masuk akal dan belum tentu terjadi. Jadikan saja sebagai faktor penghambat dan gunakan pikiran positif Anda. Berpikir positif akan membuat Anda santai dan lebih mudah menguasai situasi.

Beberapa tips di atas diharapkan mampu menghilangkan kegugupan Anda. Yang jelas semua orang memiliki problematikanya sendiri-sendiri, dan pastinya penyelesaian terbaik adalah dengan percaya akan kemampuan yang telah diberikan Tuhan kepada Anda, karena pastilah Tuhan tidak akan memberi seseorang sebuah ujian tanpa mengetahui kemampuan orang tersebut untuk dapat melewatinya.

 

Sumber: bit.ly/HIKIFZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: