‘Tato’ di Gigi Ini Bisa Deteksi Penyakit

Leave a comment

Apr 3, 2012 @ 7:50 by tanya gooogle

Perkembangan teknologi memungkinkan untuk diagnosa penyakit lebih awal. Peneliti Amerika Serikat membuat sebuah sensor kertas tipis kecil yang ditatokan ke gigi. Sensor tersebut dapat bekerja sebagai ‘sistem peringatan dini’ ultra-sensitif untuk penyakit.

Sensor ini diciptakan dari graphene. Ini adalah reaksi karbon berteknologi tinggi yang berbentuk lembaran datar tipis, yang dapat mendeteksi bakteri dan mengirimkan informasi kepada staf medis.

Dalam sebuah pecobaan, seorang siswa meniupkan ke dalam sensor, yang sebenarnya ditanamkan pada gigi seekor sapi. Sensor ini juga mengangkut molekul bakteri pada tiupannya.

Michael McAlpine dan timnya dari Universitas Princeton memulainya dengan graphene, sebuah lapisan tebal satu atom dari karbon.

Sensor nirkabel ini dapat ditato ke dalam gigi. Setelah itu graphene mendiagnosa sebuah infeksi dan memindahkan informasi tersebut ke tenaga medis profesional melalui sensor pengendali kimia dengan bahan yang lengket dan permukaannya super sensitif.

Mereka kemudian menanamkan peptida (asam amino) dengan hati-hati ke permukaan graphene. McAlpine dan timnya telah menunjukkan bahwa sensor dapat mendeteksi bakteri  secara individual dan mengangkut bakteri seperti Velcro, piranti populer untuk mengikat dua sisi kain.

 

Sumber: bit.ly/HS61G3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: